1. PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
    Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi telah menempatkan internet menjadi layaknya sebuah kebutuhan pokok. Di Indonesia kesadaran masyarakat akan internet sudah berkembang sangat pesat. Terutama bagi mereka para pelajar, mahasiswa, pengajar dan masyarakat umum lainnya. Hal ini dikarenakan sifat berita internet yang global, sehingga kita dapat terkoneksi ke seluruh jaringan di dunia, berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun, mendapatkan pengetahuan atau sesuatu yang kita butuhkan.Di zaman sekarang ini banyak sekali bentuk pemanfaatan teknologi informasi di kalangan masyarakat. Apalagi dengan semakin terkenalnya internet di kalangan masyarakat menyebabkan menjamurnya bisnis warnet di berbagai kota di Indonesia.

2. Tujuan
Tujuan dari pendirian usaha warnet ini adalah :
a. Tujuan sosial :
• Memudahkan mengakses informasi secara lebih cepat, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
• Meningkatkan mutu SDM masyarakat sekitar dalam mengenal dan menerapkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
• Menciptakan lapangan kerja

b. Tujuan Komersial :
• Mendapatkan profit.
• Sebagai lahan berwirausaha

3. Manfaat
Dengan adanya usaha warnet ini diharapkan dapat memberi kemudahan akses internet bagi masyarakat yang butuh dan semakin peduli dengan informasi global.
Dilihat dari itu semua, kami menawarkan kerjasama selama 3 tahun untuk mendirikan dan mengelola warnet dan pelatihan internet singkat.

4. TARGET
Target pelanggan warnet ini adalah : pelajar dan pemuda masyarakat disekitarnya. Mereka menggunakan internet untuk hiburan semata yang frekuensinya cukup tinggi. Umumnya mereka hanya membuka program chatting juga games online dan situs jejaring social lainnya.

5. Kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM)
Untuk mendirikan warnet dibutuhkan tenaga ahli antara lain :
• Konsultan warnet. Untuk menangani masalah pada warnet.
• Tenaga ahli listrik. Menangani listrik pada warnet.
• Tenaga ahli networking. Menangani masalah jaringan internet.
• Tenaga ahli komputer. Menangani masalah pada komputer.
• Marketing. Sebagai ahli pemasaran.
• Operator warnet. Sebagai penjaga atau kasir warnet.

Dari uraian kebutuhan SDM diatas, kami akan memenuhi semua kecuali operator warnet, kami hanya mencari dan mentraining operator warnet, sedangkan untuk honor warnet diambil dari biaya operasional warnet bulanan. Jadi untuk pekerjaan tersebut diatas (kecuali operator warnet) tidak diperlukan biaya jasa lagi.

B. PROFIL PERUSAHAAN
1. Nama Usaha
Warnet tersebut akan kami beri nama “Opankz.NET”.
Warnet ini beroperasi dari jam 09.00 WIB – 21.00 WIB.
2. Rencana Lokasi
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :
• Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik itu Sekolah Menengah Umum dan Sekolah Menengah Pertama.
• Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran. • Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.
Lokasi yang kami prioritaskan adalah di Perumahan Tridaya Nuansa Indah, dengan pertimbangan :
• Dilokasi belum ada warnet dalam radius 2 KM.
• Disekitar lokasi terdapat beberapa sekolah

• Lokasi berada pada perumahan penduduk.

C. PRODUK
1. Jenis Produk
Perlengkapan warnet seperti perangkat keras yang akan digunakan dalam komputer ini adalah :
• Komputer Pentium 4 built up second sebanyak 4 unit server Pentium Core 2 Duo 1 unit
• Perangkat jaringan.
• Koneksi internet menggunakan Wireless dengan Telkomnet Speedy ADSL
• Sistem operasi yang akan digunakan adalah Windows XP Professional.

2. Keunggulan
Kami memiliki keunggulan dibandingkan warnet lain yaitu selain dari segi produk yang telah dilengkapi hardware dan software yang canggih, kami memberikan segi pelayanan kepada konsumen seperti adanya sistem paket dengan harga yang lebih hemat dan sistem point jika konsumen telah 10 kali berkunjung maka mendapatkan hak akses sejam gratis. Juga mendapatkan gratis snack setelah menggunakan internet dalam jangka waktu tertentu.

3. Jenis Usaha
Jenis usaha yang direncanakan sesuai dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki adalah :
1. Warnet & Games Online (konsentrasi pada bulan pertama)
2. Service komputer (pada bulan ke-3)
3. Penjualan Voucher Handphone (pada bulan ke-4)
4. Digital Printing (pada bulan ke-5)

D. STRATEGI PROMOSI BISNIS
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
- Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer dan internet.
- Kami akan menjalankan kembali organisasi yang bergerak dibidang teknologi informasi yang akan menghimpun mahasiswa yang mempunyai keahlian dibidang komputer.

Dengan strategi ini, kami menargetkan bisa mendapatkan tenaga freelancer untuk mempromosikan bisnis ini, aset untuk tenaga pengajar dan dapat mengerjakan proyek-proyek IT.

E. PENAWARAN
Bentuk kerjasama yang kami tawarkan adalah pendirian dan pengelolaan warnet dengan sistem bagi hasil :
• 60% untuk inventor.
• 40% untuk pengelola.
Jadi kami hanya mengambil profit hanya dari bagi hasil.

F. LAPORAN KEUANGAN
1. BANTUAN MODAL WARNET

NO. URAIAN KUANTITAS HARGA SATUAN (RP) JUMLAH (RP)
1. Perangakat Keras (Hardware
Internet Acces Sharing
UPS 600 VA
Modem US Robotic
HUB 16 Port
Kabel UTP RJ-45
LAN Card
Sound Card
Tambahan Memory
1 Buah1 Buah

1 Buah

1 Buah

50 Meter

6 Buah

5 Buah

5 Buah

Rp 2.000.000,-Rp 750.000,-

Rp 1.100.000,-

Rp 700.000,-

Rp 5.500,-

Rp 100.000,-

Rp 150.000,-

Rp 125.000,-

Rp 2.000.000,-Rp 750.000,-

Rp 1.100.000,-

Rp 700.000,-

Rp 275.000,-

Rp 600.000,-

Rp 750.000,-

Rp 625.000,-

2. Instalasi (Installation)a.  Biaya Instalasi Server

b.  Biaya Instalasi Workstation

1   Unit5 Unit Rp 150.000,-Rp 25.000,- Rp 150.000,-Rp 125.000,-
3. Konsultasi (Counsalting)a. Biaya Konsultasi Networking

b. Biaya Konsultasi Bisnis Internet

5 Unit3 Hari Rp 40.000,-Rp  75.000,- Rp 200.000,-Rp 225.000,-
4. Pelatihan (Training) untuk 10 angkatan bagi masyarakat, DU/DI *)a. Biaya Pelatihan Administrator

b. Biaya Diklat Internet

20 Orang2 orang x 10 angkatan Rp 125.000,-Rp 100.000,- Rp 2.500.000,-Rp 2.000.000,-
Jumlah Rp 12.000.000,-

 

  1. 1.         Tahapan Pelaksanaan Pelatihan Internet
NO. TAHAP/ANGKATAN UNSUR YANG AKAN DILATIH
1. Tahap IAngkatan 1 s.d 5
  • Kepala Sekolah
  • Guru Komputer SMK Negeri/Swasta
2. Tahap IIAngkatan 6 dan 7
  • KADIN
  • PEMDA
  • INDUSTRI
  • BAPPEDA
3. Tahap IIIAngkatan 8 dan 9
  • Siswa SMK lain
  • SMU
  • SLTP
4. Tahap IVAngkatan 10
  • Masyarakat umum/bukan warga Sekolah

 

3. Perkiraan Pendapatan dan Biaya (Cash Flow) Warnet

A. Beban/Biaya Perhitungan Jumlah (Rp)
1. Biaya Tetapa. Biaya telepon

b. Biaya akses Internet

Biaya telp 1 pulsa = 2 menit =Rp 2001 hari = 10 jam = 600 menit, 600 : 2 menit

= 300 pulsa, 300 x Rp 200 = Rp 60.000

Rp 60.000 x 24 hari

Rp 3.300 x 10 jam x 24 hari

Rp 1.440.000,-Rp 792.000,-
2. Biaya Variabela. Pemeliharaan

b. Biaya ATK

c. Biaya listrik

d. Gaji administrator

e. Gaji office boy

f. Gaji satpam

g. …………………

Rp 100.000,-Rp 100.000,-

Rp 100.000,-

Rp 250.000,-

Rp 100.000,-

Rp 100.000,-

B Pendapatan Perhitungan Jumlah (Rp)
1. Jasa Akses Internet 5 x 8 jam x Rp 3.500x 24 hari Rp 3.360.000,-
2. Jasa Kursus Internet 2 orang x Rp 5.000 x 1 jam x 10 hari Rp 100.000,-
3 Jasa Print Out Rp 100.000,-
4. Rental Komputer Rp 1000 x 5 jam x 10 hari Rp 50.000,-
Total Pendapatan Rp 3.610.000,-
C Perolehan Laba Usaha Jumlah (Rp)
1. Pendapatan Rp 3.610.000,-
2. Beban / Biaya Rp 2.982.000,-
Laba Bersih Rp 628.000,-

Laba bersih Rp 628.000 per bulan, kalau 1 tahun = 12 x Rp 628.000 = Rp 7.536.000, akan di manfaatkan untuk menginvestasikan kembali pembelian komputer sebanyak 3 buah per tahun.

G. PENUTUP
Demikian proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia. Proposal ini juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak instansi terkait untuk memberikan bantuan dana serta bimbingan teknis dalam pengelolaan warnet nantinya.

Semoga Allah SWT memberikan berkat dan Rahmatnya bagi kita semua, sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih banyak.

 

Sumber : fandystress Blog’s

About these ads